Jumat, 15 Juni 2012

CARA MENGHITUNG BIAYA ONH DENGAN EMAS




Beberapa hari yang lalu saya menyempatkan diri bertemu dengan beberapa teman sesama investor logam mulia. Investor disini artinya memiliki fisik emasnya bukan hanya sekedar investasi berupa surat atau sertifikat saham emas yang dua tahun belakang ini banyak beredar. 

Ada yang menarik dari pengalaman teman saya, beliau memberikan beberapa penjelasan tentang begitu bermanfaatnya logam mulia untuk membiaya rencana-rencana masa depan dalam hal ini adalah naik haji. Di Jawa barat, bila anda daftar haji tahun ini maka quota keberangkatan anda 7 tahun yang akan datang. Nah, manfaatkan waktu 7 tahun ini untuk menabung emas.

Caranya seperti ini : Tentukan patokan harga target tabungan emas dari biaya naik haji saat ini
  • Biaya naik haji 2012 Rp.30.000.000,- 
  • Harga emas saat ini berada di kisaran harga Rp.500.000,- Jadi untuk naik haji butuh emas 60gram. 
Nah target jumlah tabungan anda ternyata cukup 1/2 nya saja atau 30 gram. Lho kok bisa lebih murah?

Begini penjelasannya, kita asumsikan biaya naik haji naik 8% per tahun. Jadi setelah dihitung selama 7 tahun biayanya naik jadi  52 juta.

Nah emas berdasarkan data selama 10 tahun terakhir, rata-rata kenaikan harga per tahunnya adalah 20%. Jadi emas 30 gram anda 7 tahun kemudian nilainya akan menjadi 54 juta. Cukup untuk membayar biaya naik haji sebesar 52 juta.

Nah kalau uangnya ditabung dalam bentuk uang? Anda harus siap-siap kecewa karena nilainya akan jauh di bawah biaya yang dibutuhkan.

Bila mengumpulkan emas 30gram terasa berat, anda dapat melakukan cicil emas antam di GMI. Klik link ini untuk memulainya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar